Saumlaki….

2 s.d. 7 November 2011

Pasti banyak yang terheran-heran maksud dari judul diatas, aku juga baru saat itu aku tahu kalau di Indonesia ada daerah bernama Saumlaki, hehehe…  (maklum bukan tempat tongkrongan *_*). Saumlaki merupakan sebuah kota kecil yang terletak di selatan Kepulauan Maluku, mungkin kalau dilihat dari peta letaknya lebih dekat ke Darwin Australia di bandingkan ke Jakarta… Saumlaki merupakan ibukota kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) berada di pulau Yamdena bagian dari kepulauan Tanimbar.

Nah perjalanan kali ini mata akan di manjakan akan keindahan alam Indonesia timur, jarak tempuhnya yang mengharuskan pada waktu matahari bersinar mengharuskan aku untuk bermalam di kota ambon, baru keesokan harinya perjalanan di lanjutkan menuju Saumlaki…


Sesampainya di Saumlaki kita bermalam di Galaxy Hotel, Jl. Urayana No. 8 Saumlaki 97664 Maluku Tenggara Barat, telp (62-918) 22222 -21777, kayanya ini adalah hotel yang paling bagus untuk ukuran Saumlaki, view hotel ini langsung berhadapan dengan laut dan bukit… kota yang kecil, dan mungkin dalam 1 jam anda sudah mengelilingi kota ini, untuk wisata kuliner tidak ku temukan disini, makanan adalah barang mahal di daerah Saumlaki kecuali ikan karena semua harus didatangkan dari daerah lain, buah yang tersedia di sini hanya pepaya dan pisang, buah lainnya adalah barang mahal dan sangat sulit untuk dicari… Barang mahal selanjutnya adalah air, karena tanah yang bebatuan dan dikelilingi oleh air asin…

Very interesting place to know…

Iklan

34 pemikiran pada “Saumlaki….

  1. saya pernah ke saumlaki 2 kali bu, memang disana terkenal dengan mahalnya. dr makanan sampai penginapan. kita sebut wamena nya maluku..
    nc post n keep posting

  2. calon suami saya saat ini berdinas di sana, info yang saya dapat sama seperti ibu bhw makanan dan barang2 d sana mahal.. yang murah hasil laut (ikan) dan pemandangan d sana pantai semua.. semoga saumlaki bisa menjadi lebih baik terutama baharinya.. salam

    • gua pernah tinggal di saumlaki 4,5 tahun lamanya, kamu pasti suka di sana, saat ini gua pengin sekali maen maen kesanan tapi tak cukup waktu dan lagian ongkos ke sana lumayan muahal . . . . . ..

  3. sudah hmpir 3 bulan saya bertugas di saumlaki..emang disana keadaan sangat susah sekali,terutama masalah air dan listrik..tpi apa boleh buat,namanya tugas hrus tetap dijalani,demi keutuhan NKRI..nanti di saumlaki,akan berdiri satuan radar pengintai milik TNI AU,yg kebetulan sya salah satu anggota disana..indonaesia sangat luas,dan saumlaki salah satu aset yg sangat berharga bgi indonesia,krena hasil lautnya yg sangat melimpah ruah..

    • alhamdulilah saya diijinkan Allah menginjakkan kaki di Saumlaki karena mendampingi tugas suami, memang awalnya terasa asing di daerah saumlaki yg kurang dari yg namanya hiburan untuk cuci mata seperti mall..namun karena berkumpul bersama keluarga hari2 pun terlewati dgn penuh rasa syukur..sampai saat nya kami pindah di Jawa …dari mulai bertugas dibulan April 2014 sampai dengan april 2015 masa dinas 1 tahun, alhamdulilah yang namanya pengalaman adalah guru kehidupan yang sgt berharga..
      pengalaman perjalananpun membawa kisah tersendiri..pastinya bersyukur selain diberikan kesempatan oleh Allah juga melatih saya dgn yg namanya mandiri..karena saya awalnya tidak pernah bepergian dgn jarak yang jauh sendiri krn ke saumlaki tiket pesawat begitu mahal akhirnya efisiensi pun juga saya pernah merasakan sendiri…karena saya orang yogyakarta jadi dimulai dari penerbangan ke bandara adisucipto-soeta-ambon-saumlaki,.subhanaallah…ada quote yang bisa saya selipkan di sini bahwa ” setiap bertemu orang jadikanlah guru, setiap tempat kita jadikan sekolah dan setiap jam jadikan jam pelajaran “….Regards..:)

  4. Iyof
    Thanks sudah mampir, “akur” dengan harga2 yang malah di Saulaki….

    Arie
    Hehehe…. tidak perlu di bayangkan… thanks ya sudah mampir….

    Iin Wijayaningrum
    Makanan, selain ikan dan buah mahal sekali di sana…. mungkin suatu saat Saumlaki bisa seperti kota2 lain di Indonesia

    Yudhistira
    Selamat bertugas…

  5. Dear Mba Ade n semuanya,
    Minggu depan saya ada jadwal ke Maluku Tenggara Barat. Mohon info yang lebih mendetail tentang kabupaten ini, terutama biaya hidup untuk sekitar 3 malam include hotel. Teman-teman yang sempat terbaca komen ini bisa reply ke email saya syarif_ssi@yahoo.co.id. Thank you in advance

    Regard

  6. Pak Syarif,

    Untuk hotel di daerah ini relatif murah di banding dengan Jakarta, standarlah… tapi kalo untuk makanan di sini saya katakan lumayan mahal kecuali untuk jenis makanan laut (ikan) apalagi buah-buah…

    Regards,
    Ade

  7. kuliner itu ada, anda akan dapatkan tepat d pintu masuk kota saumlaki yaitu pulau angwarmas, krna d sana anda akan di manja dengan ikan dan hasil tani yang alami.. ikanya yang beeesaarrr dan hasil tani yang sangat memuaskan…

  8. hi im damian belay,i would like say hallow to saumlaki,probably whenever i will go home,to find my family in there im so missing my saumlaki,,

  9. INSYA ALLAH minggu depan saya ke saumlaki, agak rada2 ngeri juga untuk naik pesawat kecil………biar bagaimana pun saya harus tetap semangat untuk calon suamiku di saumlaki……..

  10. Saumalaki slalu di hatiku,walaupaun hanya sktr 4 bln di saumlaki,bagiku Saumlaki kota yg Indah!!dulu saya ke sana naek Ferry dari Tual,perjalanan yg jauh 3 hari 2 mlm!!!!!!!!!

  11. Salam, 20-23 nov 2012 saya tiba di saumlaki, sedikit info untuk berbagi, tiket pesawat dari ambon ke saumlaki berkisar 600.000 sd. 1.500.000 rupiah (express air & trigana air). Hotel/penginapan; Pantai Indah (200 rb/mlm), Galaxy (300 rb/mlm), Harapan Indah (365 rb/mlm), Incla hotel (450 rb/mlm), kharisma. Kuliner; banyak terdapat disekitar jalan terminal hingga pelabuhan (yg jual kebanyakan pendatang dari jawa); Kios/toko; banyak toko kelontong maupun kios-kios kecil, satu pusat perbelanjaan “SATOS” (Saumlaki Town Square).

    • Bu Farina, saya perlu informasi penting dari pihak Express Air rute Ambon-Saumlaki, Bisa saya minta no. hp suami ibu? terima kasih.
      Saya Yadi Aryadi, tinggal di Bogor, no hp dan email saya:
      08119104852, yadi1975@gmail.com

      Terima kasih sebelumnya

      • Perkenalkan saya Rafi Respati, saya juga berencana akan melakukan perjalanan ke Kep. Tanimbar. boleh saya minta info dan juga kontak ibu Farina atau suami ?
        Bisa menghubungi saya di rafirespati@gmail.com , terima kasih bu

  12. 7 tahun berdinas di saumlaki bumi duan lolat,, banyak kenangan, banyak kepedihan.. tp tetap survive.. dr jaman mw makan aja harus jalan kaki ke pasar beramai- ramai,,, sampe mulai rame kendaraan,,, hehehewww,,, cabe setumpuk 5 rebo perak, utk sekali makan

  13. permisii saya mauuu bertanya ..?
    suami saya mau bertugas di saumlaki… mohon informasi untuk saumlaki ..
    ttg keadaan disana. mulaii dari kehidupan dan cara2 disana , n makannann mahal atw tidak??? jaringan tlpon, sama ada atm tidak di sana??? mohon petunjuk

    • Saya tinggal dan bekerja di saumlaki sejak tahun 2001. Awalnya memang sangat terasa perbedaan keadaan ekonomi dengan kota-kota lainnya. Tetapi lama-kelamaan akan terbiasa dengan keadaan seperti itu. Fasilitas umum dikota ini sudah cukup memadai, cuma biaya hidup aja yang lumayan mahal disini.

      My PIN BB: 26299208

  14. Fantastic goods from you, man. I have understand your stuff
    previous to and you are just too fantastic. I actually like what you’ve acquired here, certainly like what you are stating and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still take care of to keep it smart. I cant wait to read far more from you. This is actually a terrific site.

  15. Halo semuanya,.. jangankan bapak ibu, saya sndri putra asli asal saumlaki(tanimbar) yg dibesarkan di luar saumlaki setelah kembali ke saumlaki juga merasakan hal yg sama. Tapi saya maklum klo daerah saumlaki adalah daerah yg baru, yg mana masih banyak butuh masukan & saran baik dri putra/i daerah sndri maupun dri luar daerah. Kaka,Ade,Usi,Bu,Tanta,Om dan Dong samua jang kurang-kurang hati e klo berkunjung ke Saumlaki.

  16. It’s never enaugh to explore S0umlaki in shorth of time, while there are so many beatiful palce of interest and so many exciting activity you can do.
    Let’s visit Saumlaki 🙂

  17. it’s never enaugh to explore Saumlaki in shorth of time,f interest o while there are so many baetiful places of interest and so many exciting activities you can do.

    let’s visit Saumlaki…..:-)

  18. mbak minta foto hotel galaxy nya dong, ne buat tugas akhir tentang wisata kota saumlaki., help!!!
    di internet gk ada, yg punya foto hotel galaxy tolong kirim please… thx.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s