Kazakhstan

What? Kazakhstan? sempat terheran-heran mendengar negara ini, ga terbayang bahwa aku harus menempuh perjalanan dua hari satu malam untuk sampai disana….

Sekilas mengenai Kazakhstan

Bangsa asli Kazakhstan merupakan gabungan suku-suku Turki dan Mongol yang berimigrasi dan menetap mendirikan kerajaan di wilayah Kazakhstan sekarang pada abad ke-13. Selama periode tahun 1500-an hingga tahun 1600-an, pemimpin-pemimpin Kazakhstan bertahan dalam konfederasi dengan Uzbekistan dan memeluk agama Islam. Wilayah tersebut dikolonisasi oleh Rusia pada abad ke-18, dimana pada masa itu lebih sari satu juta penduduknya hilang karena melakukan perlawanan terhadap Rusia, menderita kelaparan dan berimigrasi. Sejak tahun 1822, wilayah Kazakhstan masuk ke dalam wilayah Rusia dan pada tahun 1936 ditingkatkan statusnya menjadi bagian negara Republik Uni Soviet. Pada tahun 1991, Kazakhstan menyatakan kemerdekaannya sebagai negara terpisah dari Uni Soviet.

Bangsa Kazakh adalah etnik terbesar yang menempati wilayah Kazakstan. Ketika revolusi komunis menang di Rusia dan Uni Soviet berdiri, sejak tahun 1920, Kazakstan dijadikan salah satu dari 15 negara yang tergabung dalam Uni Soviet. Seiring dengan bubarnya Uni Soviet, Kazakstan pun memerdekakan diri dan menjadi negara berbentuk Republik. Negara ini memiliki keuntungan secara geografis karena terletak di antara Asia Tengah dan Eropa Timur, sehingga secara geopolitik layak diperhitungkan.

Wilayah administrasi Kazakhstan terdiri dari 14 Propinsi (almaty, Akhmala, Akhtobe, Atyrau, Batis Kazakstan, Mangghystau, Ongtustik Kazakhstan, Pavlodar, Karaghandi, Kostanay, Kyzylorda, Shyghys Kazakhstan, Soltustik Kazakhstan, Zhambyl) dan 3 kota (Almaty, Astana, Baykhongir), dengan bentuk negara Republik yang memiliki Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan. Ibu kotanya terletak di Astana dengan luas wilayah 2.717.300km2 (landlocked) yang merupakan wilayah ke-9 terbesar di dunia.

Komposisi etnis (estimasi tahun 2007) di Kazakhstan 53.4% Kazakh, 30% Rusia, 3.7% Ukraina, 2.5% Uzbek, 2.4% Jerman, 1.7% Tatar, 1.4% Uygur dan lainnya 4.9%. Kazakhstanmemiliki sumber daya alam minyak bumi, gas alam, batu bara, mangan besi, iron one, chore one, nikel, cobalt, copper, molybdenum, lead, zinc, bauksit, emas dan uranim. Mata uang yang berlaku Tenge (KZT).

(Sumber Wikipedia dan KBRI Astana)

Iklan

3 pemikiran pada “Kazakhstan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s