Daniel Sahuleka

Who is Daniel Sahuleka

Daniel Sahuleka (lahir di Semarang, 6 Desember 1960) adalah seorang penyanyi Belanda berdarah Sunda (Ibu)-Ambon (Ayah), Indonesia. Ia tinggal di Winterswijk, dimana bakat menyanyi dicuatkan oleh Rudy Bennett. Daniel tidak banyak menerbitkan album. Beberapa lagunya yang terkenal di Indonesia antara lain adalah You Make My World So Colorful yang muncul pada awal 1980-an sebagai salah satu lagu dalam album Daniel Sahuleka (1977), serta “Don’t Sleep Away The Night” yang merupakan single album dengan judul yang sama pada tahun 1978. Di awal kariernya sebagai penyanyi rekaman, Daniel bernaung di bawah Polydor (Netherland).

Pada tahun 1990-an ia tidak banyak membuat rekaman, kecuali beberapa konser kecil pada 1995 dan beberapa album. Pada 2004 ia menerbitkan sebuah album baru yang antara lain berisi Berdendang, yang kuat diwarnai oleh nada dari tanah leluhurnya, Maluku.

“Dari dulu saya ingin sekali bisa pergi ke Indonesia. Berkat musik saya akhirnya bisa ke sini. Dalam pikiran saya dulu negeri jauh, namun sekarang sudah sekitar 12 kali bolak balik Indonesia,” ujar pria yang dibawa ke Belanda oleh kedua orangtuanya saat berumur 10 bulan.

Sebagai seorang anak muda Daniel selalu bermain gitar yang terinspirasi oleh Jimi Hendrix, Motown dan musisi jazz seperti Django Reinhardt.

Pada tahun 1977 Daniel mulai menyusun rekaman pertama, dengan debut single “You make my world so colourful” sebagai hasilnya. Single ini diikuti oleh LP’s Sahuleka 1 dan Sahuleka 2, dengan musik pop yang indah yang membuat Daniel Sahuleka menjadi seorang figur yang sangat besar baik di Eropa dan Indonesia, di mana ia masih memiliki sukses besar.

The LP Sunbeam dirilis pada tahun 1981 di Belanda, Jerman, Italia, Spanyol, Perancis dan Jepang, dari single Wake Up menjadi sebuah sukses besar. Daniel dianugerahi dengan penghargaan musik Edison,  yang paling diakui di Belanda, untuk album terbaik di tahun 1982.

Pada awal tahun delapan puluhan, setelah sukses penting dan tur dengan ‘Daniel Sahuleka Band’ di Eropa, yang dilakukan hampir setiap hari dan diikuti oleh kesuksesan solonya di Asia, Daniel menarik diri dari dunia musik.

Tanpa ada tekanan dari perusahaan rekaman, Daniel merilis CD berjudul The Loner pada tahun 1990 diikuti oleh album live I Adore Anda pada tahun 1993. I Adore You menjadi hit besar di Asia, sebagai akibatnya Daniel diundang untuk datang ke Indonesia dan mendapat banyak publisitas oleh surat kabar, majalah dan media penyiaran. Dia melakukan di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Semarang.

Pada tahun 1995 Daniel kembali ke Indonesia di mana ia dianugerahi gelar dokter kehormatan di kampus Fakultas Kedokteran di Yogyakarta. Para siswa mencintainya dan bersorak: “Kamu tidak hanya dinyanyikan untuk kita, Anda memberi kami kuliah Daniel!”

Kunjungan beberapa ke negara kelahirannya dan perjalanan melalui Asia telah mebuatnya meninggalkan jalur.  Musiknya telah membawa dia ke dalam lingkaran sosial, keadaan dan situasi yang “kacau”. Pulang di Belanda Daniel mulai menulis lagi dan rekaman, yang merupakan refleksi dari beberapa pengalaman “kacau” selama perjalanannya.

Banyak penggemar meminta Daniel untuk merekam sebuah album akustik dengan hanya suara dan gitar, itu menghasilkan rekaman Colorfool pada tahun 2003. Dengarkanlah album indah ini dengan menutup mata, anda akan terbawa pada harmoni, kedamaian dan cinta.

Di era DVD Daniel melakukan konser di ‘Teater De Regentes’ di Den Haag. Di acara  khusus itu difilmkan oleh sutradara film Mirco Cocco dan audio direkam oleh Daniel’s sons Jaim dan Joel Sahuleka Daniel. DVD dibuat pada tahun 2006 dan dirilis di Eropa dan Asia.

Daniel diundang untuk datang kembali ke Indonesia, ia bermain dua malam untuk JavaJazz Jakarta 2006. Mereka bernyanyi bersama dengan evergreens, seperti Don’t sleep away the night, I Adore You and You make my world so colourful. Ini tidak mengherankan bahwa begitu banyak anak muda menghadiri konser, sebagai orangtua mereka terus mendengarkan musik Daniel dan anak-anak mereka menjadi penggemar juga. Sekarang anak-anak dari generasi ketiga adalah menjadi penggemar juga, kita dapat yakin bahwa lagunya akan  ‘abadi’ (selamanya).

Pada akhir penampilannya yang kedua di JavaJazz Daniel dihormati oleh Gubernur Jakarta Bapak Sutijoso. Dia diundang oleh Bapak Sutijoso (Bang Yos) untuk datang ke rumahnya dan di sana ia secara resmi mengatakan kepada Daniel bahwa ia telah menjadi ‘”Warga Negara Kehormatan Jakarta” karena bernyanyi dengan begitu cantik di Festival JJF, lagu nya mengenai perdamaian dan harmoni’. Asosiasi musisi, komposer dan arranger dari Indonesia menerikan penghargaan kepada Daniel dengan penghargaan musik tertinggi untuk lagunya “Coming from and travelling to Indonesia”.

 Pada Mei 2007 Daniel kembali ke Jakarta untuk konser dan dia merilis DVD di Indonesia, Singapura dan Benelux. Di Jakarta dia diundang di acara televisi besar seperti Empat Mata, Extravaganza dan Ciriwis (Trans 7 TV).

Sumber:  http://www.sunflight.nl

Singles

1976 You Make My World So Colorful
1976 Marie Claire
1977 Love To Love You
1977 The Change
1978 Long Distance Highway
1979 Finally Home Again
1980 Don’t Sleep Away The Night
1981 We’ll Go Out Tonight
1981 Wake Up
1982 Ev’rybody Feel The Groove
1992 Viva La Libertad
1983 Ev’ry Day It Should Be Christmas
1983 Such Luck
1983 Skankin’
1984 Dance In The Street
1985 Let Us All Be One
1990 Imagine
1993 I Adore You
1993 You Make My World So Colorful live
1995 Bulan Pakai Payung
1995 Simphoni
1996 Dust of Life

The Musics

 

 

Iklan

Satu pemikiran pada “Daniel Sahuleka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s