Bukchon Hanok Village

Bukchon Hanok Village

Perkembangan pesat di Seoul, Korea Selatan,  telah banyak menggantikan yang lama dengan yang baru, salah satunya adalah perubahan lingkungan tempat tinggal. Lingkungan asli tetap dirawat baik dan terus dijaga menjaga tradisinya. Bukchon Hanok Village, sebuah daerah yang didedikasikan untuk melestarikan rumah tradisional Korea yang disebut ‘hanok,’ disertai dengan sejarah dan pesona rumah tradisional Korea.

100_2354

Bukchon Desa Hanok adalah rumah bagi hanoks, banyak yang telah berubah menjadi akomodasi dan fasilitas komersial lainnya sambil mempertahankan tata letak tradisional Korea. Desa Hanok ini juga terletak dekat dengan beberapa tempat wisata, termasuk istana kerajaan, Pasar Dongdaemun dan Namdaemun, dan Sekolah Tinggi Jungang, yang merupakan lokasi film untuk drama Korea yang terkenal, ‘Winter Sonata. “

100_2353

100_2348

Perkampungan ini sejarahnya merupakan permukiman dan tempat tinggal para pejabat dan anggota keluarga kerajaan pada masa Dinasti Joseon. Kampung Hanok Bukchon merupakan sebuah perkampungan rumah tradisional Korea yang memiliki sejarah yang panjang. Bukchon bermakna Kampung Utara dikarenakan berlokasi di sebelah utara kali Cheonggye (Cheonggyecheon) dan Jongno.

100_2341

Begitu kita tiba di Bukchon Hanok Village ini langsung kita disuguhkan suasana perkampungan asli Korea, banyak wisatawan yang mengunjungi lokasi ini untuk menikmati Seoul tempo dulu. Arsitektur rumah-rumah kuno dengan  ornamen Korea terasa sangat kental membuat suasana dan wilayah ini berbeda dengan Seoul saat ini.

Di perkampungan Hanok Bukchon ini memiliki lorong-lorong yang sempit dan menampilkan suasana kota Seoul pada masa lalu. Kalau menurutku tempatnya sangat indah karena rumah-rumahnya sangat menggambarkan Korea pada tempo dulu. Suasana yang hangat dapat langsung dirasakan begitu kita masuk pada perkampungan ini. Rumah-rumah para bangsawan pada masa lalu di kampung ini masih terpelihara dengan baik, dan beberapa di antaranya menawarkan penginapan bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman kehidupan tradisional Korea.

100_2347

Bukchon Hanok Villagediantara antara dua istana dari Dinasti Joseon, Gyeongbokgung dan Changdeokgung. Tidak seperti desa-desa lain hanok, Bukchon tidak diciptakan bagi wisatawan, tetapi itu adalah sebuah desa hidup dihuni oleh warga Seoul, terdiri dari sekitar 900 hanoks tersebar di 11 (bagian administrasi) dongs. Bagian yang paling terkenal dari Bukchon Hanok Village adalah Gahoedong-gil (Alley), terletak di 31 Gahoe-dong, yang mengherankan pengunjung dengan melihat ratusan hanoks berkumpul bersama di Seoul midtown dan dengan pemandangan panorama kota dari atas dari gang. Gahoedong-gil juga populer dengan turis karena dikatakan yang terbaik dari “8 Views Bukchon”, delapan pemandangan Desa Hanok Bukchon.

100_2336

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s