Jakarta Old Town

Kota Tua Jakarta ini terletak di darah kawasan kecil yang melintasi utara dan barat Jakarta. Dahulu tempat ini merupakan salah satu pusat pemerintahan kolonial pada masanya. Saat ini Kota Tua Jakarta ini dimanfaatkan sebagai tempat wisata bersejarah dengan mengubah fungsi bangunan lama menjadi museum yang menyimpan banyak informasi berharga tentang sejarah kota.

1. Toko Merah

Nah salah satu landmark kota tua ini adalah Toko Merah, kenapa disebut Toko Merah? Dilihat dari penampakan fisiknya bangunan tersebut berwarna merah. Sejarahnya, dahulu Toko Merah merupakan rumah dari Baron Van Imhoff, seorang Gubernur Jenderal VOC yang juga adalah pendiri Istana Bogor. Saat masuk ke dalamnya Anda akan menjumpai betapa terawat dan terjaga keaslian bagian dalam dari bangunan Toko Merah ini. Sayangnya, untuk dapat masuk ke tempat ini Anda harus mengurus perizinan yang diperlukan sebab Toko Merah adalah salah satu tempat di kawasan wisata Kota Tua yang tidak terbuka untuk publik luas.

Tepat di depan Toko Merah itu terdapat wisata foto dengan latar belakang toko merah dan mobil sarta motor kuno. Spot ini menurutku sangat menarik dan jadilah kita berfoto di tempat ini, harganya pun relatif terjangkau dan untuk urusan gaya tenang saja, juru foto akan mengarahkan gaya kita dan walah, hasilnya dijamin bagus. Hasil foto bisa langsung dicetak dan jangan lupa untuk bawa USB (usb loh bukan ups hehehehe….) kalo mau simpan soft copynya.

2. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah atau  Museum Sejarah Jakarta atau juga Museum Batavia adalah bagian yang tak terpisahkan dari riwayat Jakarta itu sendiri. Di masa lampau, tepatnya era penjajahan VOC, bangunan museum ini memiliki fungsi sebagai balai kota, ruang pengadilan, dan penjara bawah tanah. Museum ini terbuka untuk umum.

Di bagian luar bangunan museum terdapat lapangan, disebut sebagai lapangan Fatahillah. Lapangan ini dulu adalah tempat mengeksekusi para tahanan. Tapi saat ini lapangan berfungi sebagai tempat wisata dengan beraneka macam kegiatan yang ditwarkan. Mulai dari sewa sepeda kuno, foto dengan beraneka icon, penjaja makanan dan minuman, penjual beraneka mainan lengkap tersedia disini. Coba deh ajak anak-anak bermain disini dijamin mereka akan suka dan menikmati.

Yuk ah, jangan tunggu lama-lama… silakan menikmati kota tua Jakarta…

Iklan

2 pemikiran pada “Jakarta Old Town

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s