Solo Advance

Sepertinya sudah lama sejak mendatangi seorang teman menikah di kota ini. Solo, kota yang terletak di tengah pulau Jawa ini terkenal dengan banyak tradisi, kebudayaan dan wisata kulinernya yang teramat menggugah selera…

Sebenarnya perjalanan ini dilaksanakan pada November tahun 2015, karena banyak kesibukan dan kerjaan yang kejar tayang, jadi baru sempat aku bercerita tentang kota Solo ini (alesan lagi…), advance kali ini lebih terfocus survay ke tempat pengrajin batik yang terletak di Solo. Pengrajin batik ini yang dicari adalah pengrajin batik yang turun temurun memiliki usaha mulai dari awal membatik sampai dengan hasil jadi dan pemasaranya. Setelah hunting beberapa saat, akhirnya pilihan jatuh ke Batik Putera Laweyan dan Omah Laweyan.

Batik Putera Laweyan Solo

Sesuai dengan namanya batik ini bermarkas di Jl. Sidoluhur No. 6 Laweyan, Solo. Disini tersedia workshop mulai dari pembuatan design batik, tulis batik, cap batik, pewarnaan dan tempat penjualan hasil akhirnya, ada yang berbentuk kain dan olahan kain itu sendiri mulai kemeja, dress, gaun, celana, sendal, sepatu, pernak pernik dan lainnya… Untuk harga, tergantung dari cara pembuatan, tingkat kesulitan dan hasil akhir dari hasil kainnya.

Omah Laweyan Solo

Omah laweyan memiliki tempat yang lebih ekslusif dari pada tempat pertama, terletak di Jl. Dr. Radjiman No.549, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Sayangnya disini pengrajinnya hanya untuk kegiatan membatik saja, jumlah pengrajinnya maksimal 5 orang dan hanya display membatik, tidak memperlihatkan proses awal hingga hasil akhirnya.

PT. Sritex Solo

Oh iya, kali ini kami juga sempat mengunjungi PT Sritex. Perusahaan garment ini terletak di Solo. Ada beberapa kegiatan yang kami lakukan disana pada waktu itu, perusahan ini sangat besar dan menyerap banyak tenaga kerja.

Nah, setelah selesai survay mengenai batik dan menyempatkan diri belajar mambatik, serta meninjau salah satu pabrik garment, saatnya bagi kita untuk Wiskul.

Tengleng, pasti pada langsung membayangkan enaknya makanan khas solo ini. Olahan daging dan tulang dari kambing ini dimasak dengan rempah dan bumbu menghasilkan cita rasa yang menurutku enak banget. Salah satu restauran tengleng yang terkenal di Solo ini adalan Tenggleng Mba Diah.

Tengleng dan Sate Mba Diah

Tempa makan ini letaknya di daerah Solo Baru. Namanya Warung Mba Diah, tempatnya cukup sederhana, mau menyantap hidangan di dalam atau di luar warung juga bisa, panas? sudah pasti, soalnya hanya dilengkapi oleh kipas angin. Di depan tempat ini tersedia jajanan atau minuman es degan (kelapa muda) yang rasa kelapa banget… (iyalah kan es kelapa, maksudnya rasanya es kelapa asli deh, hehehehe…..)

Jadi pengen? udah cepat2 deh taruh Solo dalam list liburan selanjutnya…

Iklan

3 pemikiran pada “Solo Advance

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s