Cooking Class by me for AsaBaim

“Libur tlah tiba, libur tlah tiba… .”

Bingung mau ngapain mengisi liburan anak-anak? coba deh kali ini liburannya ajakin anak-anak belajar masak selain menambah keahlian mereka belajar masak ini pun akan membuat anak-anak lebih menghragai makanan. Kali ini aku ajak AsaBaim membuat spaghetti, masakan simple tapi dijamin anak-anak pasti suka bingitzzz…. hehehehehe….

20141228_105110

Spaghetti ala AsaBaim

Bahan-bahan:

1 bungkus mie spaghetti (aku pakai merek La Fonte Fusilli, bentuknya lucu soalnya)
1 kaleng Del Monte Spaghetti Sauce
500 gr daging cincang
2 siung bawang bombai (iris tipis)
4 siung bawang putih (Geprek, cicang halus)
3 buah tomat buah (kupas kulitnya potong dadu kecil)
Saos tomat (Optional)
Saos sambal (Optional)
Gula, garam (Optional)
Minyak untuk menumis
Air untuk merebus
1 sdm mentega/ margarine
Keju untuk taburan

Cara Membuat:

1. Masak air sampai mendidih, masukan mentega, masukan mie spaghetti rebus sampai matang, angkat tiriskan;
2. Panaskan pengorengan, masukan minyak tumis bawang bombai, bawang putih sampai harum, masukan daging cincang sampai tercampur rata. masukan tomat, tambahakan sauce spaghetti, saus tomat, saos sambal, sedikit gula dan garam. Biarkan hingga matang dan tercampur rata;
3. Spaghetti siap disajikan

Gampang bukan? dan anak-anak sangat menikmati membuatnya dan menyukai memakannya… Bon appetit…

20141228_102643 20141228_102926
AsaBaim mulai menumis… Asa bagian mengaduk Baim bagian memasukan bahan Baca lebih lanjut

Iklan

Kol Nene Masak Pedas ala Me

Engga banyak orang kenal sama “kol nene” ini, kol nene ini sejenis keong sawah yang menurutku sih enak banget, hehehehehe… Mungkin ada beberapa nama buat kol nene, penasaran sama penampakannya? coba lihat deh foto di bawah ini….

   img1404863530261

Nah kali ini aku akan memasak kol nene ini, sebenarnya sih kalo emang mau makan dan ga mau repot, silakan mampir ke rumah makan Handayani di Matraman. Cuma tadi pas ke pasar aku nemu kol nene ini dan kayanya enak banget buat menu “cemilan” setelah buka puasa, hehehehe….

Kol Nene ala Me

Bahan-bahan:

2 kg Kol Nene, bersihkan dengan di potong 1/4 bagian belakangnya

img1404862963418

Baca lebih lanjut

Serabi

Nih, satu lagi kue kesukaan ku, namanya serabi, kue ini khas daerah Cirebon di mana ibu ku dibesarkan di sana, bahan dasarnya adalah tepung beras lebih di recommend kalo tepung berasnya di giling/ ditepung sendiri (dadakan) bukan beli yang sudah jadi, cara buatnya sbb:

Bahan2:

  • 2 liter beras, rendam kurang lebih 2 jam, tiriskan, giling hingga menjadi tepung beras
  • air secukupnya
  • garam
  • 1 butir kelapa (pilih yang muda) parut kasar

Cara membuat:

  • Masak air sampai mendidih, diamkan sampai hangat-hangat kuku
  • Siapkan didalam wadah tepung beras, beri garam secukupnya, masukan kelapa yang telah di parut kasar aduk rata, beri air sedikit demi sedikit sambil di uleni sampai tercampur rata, diamkan sebentar (kurang lebih 10 menit).

  • Setelah itu campurkan dengan sisa air sampai adonan tidak terlalu kental atau tidak terlalu cair.

  • Cetak serabi pada cetakan tanah liat yang sudah disiapkan.

Baca lebih lanjut

Pancake

Pancake

by Majalah Santap

Bahan-bahan:

  • 250 ml buttermilk (bila tidak ada dapat dibuat dari 250 ml susu cair hangat + 1/2 sdm vinegar/ cuka/ air jeruk nipis atau lemon, diamkan selama 10 menit sampai susu menggumpal)
  • 2 sdm mentega di cairkan
  • 1 butir telur
  • 165 tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • vanili secukupnya

Cara membuat:

  • Campurkan terigu, gula pasir, baking powder dan garam dalam satu wadah, lalu aduk hingga tercampur rata.
  • Campurkan mentega cair ke dalam buttermilk, aduk hingga tercampur.
  • Kocok telur  dan vanili sampai tercampur rata, masukan campuran buttermilk dan mentega lalu masukan terigu yang sudah dicampur dengan gula, vanili dan baking powder kocok sampai semuanya tercampur rata, diamkan selama 15 menit.
  • Panggang di wajan tanpa dioles mentega sampai matang.

 

Pancake

(Resepnya Mba Anggia Ditya)

Bahan-bahan:

  • 200 gr tepung terigu
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 1 telur
  • 125 ml susu cair
  • 2 sdm margarine cair

Cara membuat:

  • Semua bahan dicampur jadi satu, kocok smpai tercampur rata.
  • Masak dalam pan teflon yang sudah panas bila sudah muncul gelembung-gelembung balik.

Penghilang Pahit si Daun Papaya

Ceritanya gini… temen dikantor tuh bawain tumis daun papaya ikan teri, sempat aneh pas ngerasain “tidak pahit dengan jaminan 100%” otomatis jadi suka makannya, selain ga pahit dan masih terheran-heran gimana cara ngilangin pahitnya rasanya juga yummi pisan deh ah… Langsung dong “naluri” tukang masak bertanya “apa resepnya?”

Nah ini dia resep buat ngilangin pahitnya… REBUS DAUN PEPAYANYA PAKAI TANAH LIAT, alamak tanah liat macam apa nih yang bisa dipakai buat masak, ga ada gambaran sama sekali, secara pertama ga pernah makan daun pepaya karena rasanya itu (pahit banget) kedua baru dengar tanah liat bisa jadi resep buat masakan… akhirnya minta (baca dikasih ;-p) sama teman tanah liat (baca juga tanah lempung) yang “ajaib” itu dan pasti penasaran mau tahu bagaimana penampakannya…

Baca lebih lanjut

Tumpeng…

Hehehe, liat judulnya aneh banget ya, kaya bahasa apa gitu? tumpeng… apa sih tumpeng? tumpeng tuh nasi yang berbentuk kerucut yang ditaruh dalam suatu tempat dengan ukuran yang besar kemudian dikelilingi dengan lauk… kebayang ga?

Nah waktu kemarin ulang tahunnya Papah ke-60 aku bikin tumpeng untuk pertama kalinya, mau liat hasilnya? hehehe…. Lumayan juga yang penting harus punya ide dan kreasi.

Donat Kentang…

Week end bikin donat yuk…

Donat Kentang
Bahan:
500 gr   tepung terigu protein tinggi
50 gr     susu bubuk
11 gr     ragi instant
200 gr   kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr   gula psir
75 gr     mentega
½ sdt    garam
4 btr      kuning telur
100 ml  air dingin

Cara membuatnya:

  • Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  • Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
  • Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  • Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
  • Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.

Browsing resep donat, dapat di www.ncc-indonesia.com